Jumat, 09 Oktober 2009

MACAM-MACAM PROTOKOL DAN PENJELASANNYA

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
• HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
• Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.Untuk mendapatkan maklumat melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di Internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di tinggalkan karena penggunaannya tidak sesedeharna HTTP.
• FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Pada umumnya browser-browser versi terbaru sudah mendukung FTP.
• Mailto, Protokol mailto digunakan untuk mengirim email melalu jaringan internet. Bentuk format pada protocol ini adalah : mailto:nama_email@namahost contoh : mailto:otakkacau@yahoo.com
• TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Untuk memahami TCP/IP, pertama yang harus kita pahami adalah protokol. Dalam hal yang sederhana, sebuah protokol adalah satu set aturan untuk komunikasi antar komputer. TCP/IP adalah sebuah protokol internet untuk komunikasi. Sebenarnya, seperti yang sudah anda duga, TCP/IP merupakan akronim, adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

TCP/IP tidak hanya terdiri dari TCP dan IP. Sebenarnya, sebuah deretan protokol, yang terdiri dari beberapa protokol untuk komunikasi data sebagai berikut :-

TCP : Transmission Control Protocol
IP : Internet Protocol
UDP : User Datagram Protocol
ICMP : Internet Control Message Protocol
DHCP : Dynamic Host Configuration Protocol

Bilamana aplikasi ingin berkomunikasi dengan aplikasi lain, dibutuhkan bantuan TCP. TCP menyiapkan seluruh jalur duplex antara dua aplikasi yang berkomunikasi, yang berakhir hanya jika salah satu aplikasi memutuskan untuk memutuskan sambungan. UDP merupakan versi lebih sederhana dari TCP, namun kesederhanaannya berpengaruh pada kehandalan.

Untuk transmisi, biasanya data dipecahkan ke dalam sejumlah fragmen yang dapat diatur disebut "paket". IP bertanggung jawab untuk routing paket-paket tersebut sehingga mereka tiba di tujuan yang benar. Ada beberapa faktor yang mana IP routers memutuskan untuk mengambil jalan yang mana. Beberapa di antaranya ada kesalahan, media transmisi yang rusak, kemacetan lalu lintas dll.

Pemberian alamat dalam TCP/IP dilakukan dengan bit 32, atau dengan cara yang lebih dimengerti, 4 set angka antara 0 dan 255. Setiap komputer harus memiliki alamat IP yang sah untuk terhubung ke internet. Paket memiliki alamat tujuan, yang dalam bentuk nomor IP. Itulah mengapa perlu ada alamat IP yang unik untuk setiap mesin. Contoh biasa alamat IP adalah 172.123.100.10.

Alamat IP sulit untuk diingat yang mana manusia tidak sebaik komputer dengan penomoran. Jadi secara alami kita memerlukan "abjad" nama yang lebih mudah, seperti "cauniversity.org". Untuk memetakan alamat IP ke suatu nama domain, diperlukan Domain Name Server (DNS). Bilamana nama domain baru terdaftar, server DNS di seluruh dunia akan diperbarui untuk menandai adanya perubahan tersebut.

• IPX (bahasa Inggris: Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh sistem operasi Novell NetWare pada akhir dekade 1980an hingga pertengahan dekade 1990an. IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless), seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan protokol TCP/IP. Selain membutuhkan protokol IPX, Novell Netware juga membutuhkan protokol tingkat tinggi bernama Sequenced Packet Exchange (SPX) dan Network Control Protocol (NCP). Protokol ini diturunkan oleh Novell dari protokol IDP yang terdapat di dalam Xerox Network Services.
Node-node IPX memiliki skema pengalamatan sebagai berikut:
 Jaringan-jaringan logis diberi alamat 32-bit bilangan heksadesimal dengan jangkauan dari 0x00000001 hingga 0xFFFFFFFE. Alamat ini dinamakan juga dengan alamat jaringan (network address).
 Setiap host memiliki alamat node-nya masing-masing, yang secara default-nya diatur ke alamat MAC yang digunakan oleh kartu jaringan yang digunakan oleh node tersebut. Alamat node pun ditambahkan ke alamat jaringan untuk membuat tanda pengenal unik untuk host-host di dalam jaringan.
• CDMA kepanjangan dari Code division multiple access
Pengertian dari CDMA sendiri adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

• GSM kepanjangan dari Global System for Mobile Communication Adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam (Handphone). Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

• GPRS - General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

• POP - Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

• PPP - Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

Sumber :
http://www.indonesiaindonesia.com/f/62335-istilah-istilah-dunia-internet/
file:///E:/smster5/jarkom/tugas2/Pengertian%20dan%20macam-macam%20protokol%20_.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar